Soko Bisnis

Ini Strategi UMKM Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadan, Keuntungan Menjanjikan

Pelaku UMKM perlu menyiapkan strategi untuk meningkatkan promosi penjualan, membangun koneksi sepanjang bulan Ramadan, agar mampu meningkatkan keuntungan

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
01 Maret 2025

Ilustrasi pelaku UMKM merancang strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Simak strategi UMKM tingkatkan penjualan di bulan Ramadan. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, dapat dimanfaatkan meningkatkan keuntungan usaha yang menjanjikan.

Pada bulan Ramadan, kebutuhan masyarakat biasanya meningkat serta fleksibilitas waktu jadi momentum tepat untuk membangkitkan UMKM.

Sebagaimana dikutip dari laman UMKMIndonesia, ada sejumlah faktor membuat bulan Ramadan jadi waktu yang tepat untuk meningkatkan keuntungan.

Di antaranya, peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap makanan dan minuman untuk berbuka maupun sahur. Dibarengi dengan peluang penjualan tinggi, serta fleksibilitas waktu dan modal.

Dengan permintaan kebutuhan masyarakat yang meningkat, pelaku usaha bisa memanfaatkan peluang untuk memaksimalkan omset dan pendapatan.

Berikut Strategi UMKM Tingkat Penjualan di Bulan Ramadan

1.  Tingkatkan Promosi

Untuk menarik minat pembeli, setiap pelaku usaha tentunya harus menawarkan produk baik secara langsung maupun online.

Pelaku UMKM dapat membuat promosi di media sosial, seperti TikTok, Facebook, hingga Instagram, yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Buat akun bisnis di media sosial, kemudian unggah sejumlah foto produk dengan memberikan keterangan yang singkat, padat, dan jelas.

Hal tersebut, bertujuan agar semua orang yang melihat produk ini dengan mudah mengetahui dan memahami apa keunggulan dari produk lain.

Selain foto, pelaku UMKM juga bisa meningkatkan kreativitas dengan membuat video promosi singkat terkait perkenalan produknya.

Hal yang tidak boleh terlupakan, yakni mencantumkan alamat toko asli, nomor kontak yang bisa hubungi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

2. Perluas Koneksi

Pelaku UMKM tidak hanya meningkatkan pendapatan melalui penjualan produknya. Tetapi dapat membangun koneksi atau kerja sama dengan pelaku usaha lain.

Satu di antara contohnya, UMKM kue kering bekerjasama dengan jasa pembuatan parcel. Sehingga, produknya bisa dijadikan sebuah bingkisan atau paket.

Terlebih lagi, permintaan parcel menjelang lebaran akan meningkat dikarenakan lebih praktis. Dengan demikian, kerja sama antar kedua dapat terjalin dengan baik, bahkan hingga setelah bulan Ramadan berakhir nantinya.

Selain itu, resep meningkatkan UMKM di bulan Ramadan juga bisa dilakukan dengan membangun koneksi dengan konsumen.

3. Gabung Bazar Ramadan

Bazar Ramadan biasanya diselenggarakan di sejumlah daerah, dan hanya ada di sepanjang bulan tersebut.

Umumnya, bazar Ramadan ini diselenggarakan pemerintah setempat dengan menghadirkan banyak UMKM, dan masyarakat lainnya untuk bergabung.

Bertujuan untuk memberdayakan pelaku usaha guna mewujudkan stabilitas ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan.

Di samping itu, lokasi bazar Ramadan biasanya strategis dan luas. Sehingga mudah dijangkau oleh semua orang.